KISI-KISI UTS –
Revortase Media Cetak -13
            KPI Fak. Dakwah

            1. Coba baca ulang perihal fungsi-fungsi pers. Simak ulang bahwa pers atau bidang kerja jurnalistik pada dasarnya mempunyai fungsi sebagai:
1.      Pemberi informasi.
2.      Pemberi hiburan.
3.      Pemberi kontrol (alat kontrol sosial)
4.      Pendidik masyarakat.

2. Baca dan cermati sekitar pendapat dari Floyd G. Arpan seputar wartawan professional. Di antaranya Floyd G. Arpan memberikan lima syarat kepada wartawan untuk bisa menjadi wartawan yang professional. Kelima syarat itu meliputi: menguasai bahasa, mengetahui jiwa kemanusiaan, berpengetahuan luas, punya kematangan pikiran dan punya ketajaman pikiran.

            3. Simak kembali seputar Manajemen Keredaksian. Bukankah Manajemen Keredaksian adalah suatu perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap keberlangsungan kegiatan jurnalistik pada media pers.
Jadi, prinsip dasar manajemen keredaksian itu adalah melakukan usaha perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap keberlangsungan kegiatan jurnalistik secara profesional, agar karya-karya jurnalistik yang disampaikan ke masyarakat merupakan karya-karya berkualitas serta bermanfaat bagi masyarakat luas.
Cermati dan simak lagi.

4. Baca ulang seputar struktur keredaksian. Di dalam struktur keredaksian suatu media pers, pimpinan tertinggi di bidang redaksi adalah pemimpin redaksi. Di banyak media pers, pemimpin redaksi biasanya didampingi wakil pemimpin redaksi. Di bawah posisi pemimpin redaksi dan wakil pemimpin redaksi, ada jabatan redaktur pelaksana, kemudian redaktur, lalu reporter. Pada sejumlah media terdapat pula dewan redaksi yang tugas dan tanggungjawabnya sebagai penasehat dan pemberi pertimbangan terhadap kebijakan-kebijakan yang dilaksanakan oleh pemimpin redaksi. Di dalam struktur keredaksian suatu media pers terdapat juga jabatan sekretaris redaksi.

5.      Baca ulang seputar Posisi dan fungsi penting rapat redaksi.
6.      Cermarti seputar Rapat proyeksi dan rapat budgeting.

7.      Baca kembali seputar Peliputan Jurnalistik. Cermati seputar Peliputan Jurnalistik  direncanakan atau diagendakan yang dapat dapat dibagi dalam beberapa jenis, seperti:
1.      Peliputan berdasarkan waktu.
2.      Peliputan berdasarkan isu.
3.      Peliputan berdasarkan momen (Hari Besar).
4.      Peliputan berdasarkan wilayah sirkulasi.
5.      Peliputan berdasarkan marketing (iklan).

8.      Simak dan baca kembali seputar kegiatan peliputan. Fokuskan pada kegiatan peliputan yang dilakukan wartawan (jurnalis) adalah untuk menghasilkan suatu informasi yang akan dikemas dalam tiga bentuk karya jurnalistik.
Ketiga bentuk karya jurnalistik itu:
1.      Reportase Dasar (Straight News).
2.      Reportase Madya (News Feature – Feature).
3.      Reportase Lanjutan atau Mendalam (News Analysis).

9.      Baca kembali secara cermati seputar unsure-unsur layak berita. Secara umum unsur-unsur (nilai) dari suatu peristiwa atau kejadian yang dapat dijadikan layak berita antaralain: termasa (baru), jarak, penting, Prominence, keluarbiasaan, Drama, Konflik, manusiawi, akibat, Nasib manusia, dan Kemajuan dan kemunduran.

10.  Baca kembali seputar Wawancara Jurnalistik, terutama yang berkaitan dengan jenis-jenis wawancara yang selama ini dikenal dalam kerja jurnalistik.

SELAMAT BELAJAR. SEMOGA SUKSES DALAM UTS!

Komentar