KISI-KISI UAS 2015 MATA KULIAH: MANAJEMEN REDAKSI



            KISI-KISI UAS 2015
            MATA KULIAH: MANAJEMEN REDAKSI
           
1.      Manajemen redaksional adalah suatu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, kompensasi, integrasi, dan pemeliharaan orang-orang dengan tujuan membantu mencapai tujuan media pers, individual serta masyarakat.
2.      Media pers cetak diterbitkan oleh Perusahaan Penerbitan Pers. Di dalam perusahaan penerbitan pers pada umumnya terdapat tiga bidang garap. Ketiga bidang garap itu: (1). Bidang redaksi. (2). Bidang usaha/perusahaan. (3). Bidang produksi/percetakan.
3.      Pimpinan perusahaan penerbitan pers selalu disebut sebagai Pemimpin Umum. Biasanya Pemimpin Umum adalah pemilik perusahaan penerbitan pers tersebut. Pemimpin Umum bertanggungjawab terhadap maju-mundurnya atau perkembangan perusahaan penerbitan pers tersebut. Pemimpin Umum memiliki kewenangan yang luas dalam menentukan arah perkembangan dan kebijakan penerbitan media per situ.
4.      Bidang Redaksi pada perusahaan penerbiitan pers dipimpin oleh Pemimpin Redaksi. Pemimpin Redaksi adalah yang paling bertanggungjawab terhadap isian atau sajian media pers.
5.      Tugas utama Pemimpin Redaksi adalah mengendalikan kegiatan keredaksian yang meliputi perencanaan berita, penyajian berita, penentuan liputan, pencarian fokus pemberitaan, penentuan topic, pemilihan berita utama (head-line), membuat tajuk, dll.
6.      Dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, Pemimpin Redaksi dibantu oleh Redaktur Pelaksana. Sedang Redaktur Pelaksana dibantu oleh redaktur-redaktur. Redaktur Pelaksana merupakan tangan kanan Pemimpin Redaksi. Dalam mekanisme kerjanya, Redaktur Pelaksana mengkoordinir atau menggerakkan para redaktur serta reporter (wartawan) dalam melaksanakan tugas-tugas dan aktivitas jurnalistik sesuai kebijakan yang diberikan Pemimpin Redaksi.
7.      Sumber daya redaksi adalah wartawan yang meliputi reporter dan redaktur (termasuk di dalamnya yang berposisi sebagai Pemimpin Redaksi dan Redaktur Pelaksana). Wartawan adalah sebutan untuk mereka yang melaksanakan kerja jurnalistik atau yang terlibat dalam kerja jurnalistik.
8.      Karya jurnalistik yang disajikan media pers merupakan hasil kerja wartawan. Karena itu untuk menghasilkan karya jurnalistik yang baik, menarik dan disukai publik pembaca, diperlukan tenaga-tenaga wartawan yang professional. Menurut John Hohenberg, wartawan yang baik dan professional itu adalah: (1). Wartawan yang dapat bergerak cepat, tepat dan sigap, namun tenang. (2). Ia cepat mengerti peristiwa (sumber informasi), tidak hanya melihat peristiwa apa yang terjadi, tetapi juga meneliti mengapa hal itu terjadi, dan bagaimana pula kelanjutannya. (3). Ia memiliki pandangan luas, dan praktis, berpandangan mendalam, selalu berhati-hati, tapi tidak bimbang. (4). Ia memiliki cara berpikir bebas, tapi bertanggungjawab, selalu sistematis, tapi bukan teks books. (5). Ia bekerja lebih banyak disbanding berita atau tulisan yang dibuatnya.
9.      Di dalam kerja keredaksian media pers, terdapat proses dan mekanisme Manajamen Berita. Manajemen Berita merupakan suatu proses perencanaan, pencarian dan pembuatan berita yang disesuaikan atau diarahkan sesuai dengan tujuan maupun kepentingan yang ingin dicapai oleh media pers tersebut. Kepentingan itu bisa berupa kepentingan politik, maupun kepentingan bisnis.
10.  Di dalam kerja keredaksian media pers, juga terdapat proses dan mekanisme Manajemen Editing. Manajemen Editing merupakan suatu proses dan mekanisme melakukan koreksi maupun penulisan ulang (re-write) pada naskah berita atau tulisan jurnalistik lainnya sebelum diterbitkan. Koreksi maupun penulisan ulang itu berkaitan dengan penyajian, gaya bahasa, ejaan, dan lain-lainnya. Manajemen Editing juga dilakukan guna menata, menyusun, membenahi dan membuat suatu berita atau tulisan jurnalistik lainnya menjadi menarik dan layak untuk diterbitkan sesuai dengan tujuan serta kepentingan media.
                                                   (SEA)
                              +++++++++++++++++++++++++++++++++

Komentar