KISI-KISI SOAL UTS – 2016 MK: MANAJEMEN MEDIA MASSA



            KISI-KISI SOAL UTS – 2016
            MK: MANAJEMEN MEDIA MASSA

1.      Coba simak pertemuan pertama tentang Pengertian Media Massa. Antaralain disebutkan, bahwa media massa merupakan saluran yang digunakan oleh jurnnalistik atau komunikasi massa. Tetapi secara umum juga diartikan, media massa adalah media yang menyampaikan berita atau informasi lainnya kepada publik.
2.      Kemudian disebutkan tentang media-media apa saja yang masuk dalam kategori media massa. Selama ini di dalam ranah komunikasi massa dikenal adanya “The Big Five of Mass Media” (lima besar media massa). Kelima besar media massa itu meliputi: suratkabar, majalah, radio, televisi dan film. Tetapi di dalam kontek dunia jurnalistik, media massa dibagi dalam dua kelompok yakni media massa cetak dan media massa elektronika (penyiaran).
3.      Coba simak pertemuan kedua tentang Konsep Dasar Manajemen Media Massa. Antaralain disebutkan, bahwa media massa harus dikelola dengan manajemen professional dan berkualitas atau tertata, sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen dalam usaha bisnis. Disebutkan juga, manajemen media massa adalah merupakan cara, langkah dan strategi dalam mengelola, mengembangkan, menggerakkan dan merancang media massa dalam meraih atau mencapai target serta sasaran yang ingin diraih.
4.      Disamping itu dibicarakan juga tentang adanya tiga hal utama yang menjadi bidang garap manajemen media massa. Ketiga bidang garap manajemen media massa itu adalah (1) Manajemen Redaksi (meliputi SDM, manajemen kerja, perencanaan); (2) Manajemen Produksi (meliputi isian, produk, tayangan): (3) Manajemen Usaha (promosi, sirkulasi, iklan, pemasaran, dll).
5.      Coba simak pertemuan ketiga tentang Prinsip-prinsip Manajemen Media Massa. Antara lain disebutkan bahwa prinsip manajemen media massa, baik itu media massa cetak maupun media elektronika (penyiaran) dewasa ini adalah menciptakan atau melaksanakan suatu tatanan dan proses mekanisme kerja dalam meraih keberhasilan bisnis. Karena keberhasilan di sisi bisnis akan menjadi kekuatan utama bagi media massa dalam mempertahankan dan mengembangkan eksistensinya.
6.      Kemudian di dalam prinsip-prinsip manajemen media massa setidaknya ada tujuh (7) target atau keinginan yang harus diraih. (1). Meraih oplagh besar. (2). Meraih tingkat penjualan yang tinggi. (3). Meraih pelanggan dan pembaca sebanyak mungkin. (4). Meraih iklan yang banyak. (5). Kelancaran sirkulasi. (6). Dan bagi media elektronika (penyiaran) berhasil menayangkan tayangan atau memproduksi acara-acara yang digemari publik, serta meraih iklan yang banyak. (7). Mendapatkan tingkat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat.
7.      Dalam pertemuan berikutnya telah dibahas tentang sumber daya redaksi. Sumber daya redaksi yang utama itu adalah wartawan dan redaktur. Karya jurnalistik yang disajikan oleh media masa cetak (pers) itu merupakan hasil kerja wartawan. Karena itu untuk menghasilkan karya jurnalistik yang baik, menarik dan disukai pembaca, diperlukan tenaga-tenaga wartawan yang professional. Menurut Floyd G. Arpan ada lima syarat untuk bisa menjadi wartawan professional. Yakni: (1). Menguasai bahasa. (2). Mengetahui jiwa kemanusiaan. (3) Berpengetahuan luas. (4). Punya kematangan pikiran. (5). Punya ketajaman pikiran.
8.      Coba simak ulang pertemuan tentang Manajemen Berita dan Politik Media. Disebutkan antaralain tentang ada empat (4) hal utama yang menjadi perhatian dalam langkah manajemen berita. Keempat hal itu meliputi: (1) Objek (informasi/isu). (2) Sasaran (untuk siapa). (3) Tujuan (untuk apa). (4) Strategi (langkah-langkah).
9.      Simak pertemuan tentang Manajemen Perusahaan dan Produksi Media Pers. Disebutkan, di dalam bidang usaha perusahaan penerbitan pers, setidaknya terdapat enam (6) bagian. Ke-6 bagian itu meliputi: (1) Bagian Iklan. (2). Bagian Sirkulasi. (3). Bagian Keuangan. (4). Bagian Langganan/Pelayanan Pelanggan. (5). Bagian Umum. (6). Bagian Teknik.
10.  Simak pula tentang manajemen produksi media pers. Antaralain disebutkan, di dalam bidang produksi atau percetakan media pers setidaknya terdapat lima (5) bagian. Kelima bagian itu meliputi: (1). Bagian pra-cetak (setting, disain, layout dan reproduksi). (2). Bagian Cetak. (3). Bagian Perawatan Media. (4). Bagian Administrasi Keuangan. (5). Bagian Administrasi Umum.


                                                       +++++++++++++++++++++

Komentar